Tampang

Kadar Gula Darah yang Membahayakan Bagi Penderita Diabetes, Dapat Menyebabkan Komplikasi

16 Mei 2024 20:43 wib. 67
0 0
Kadar Gula Darah yang Membahayakan Bagi Penderita Diabetes, Dapat Menyebabkan Komplikasi

Mengatur kadar gula darah bagi penderita diabetes merupakan hal yang sangat krusial. Peningkatan kadar gula darah pada penderita diabetes dapat terjadi akibat beberapa faktor, seperti efek makanan, kurangnya aktivitas fisik, hingga stres emosional. Kondisi ini merupakan hal yang umum terjadi dan memerlukan penanganan yang tepat untuk mencegah terjadinya komplikasi.

Tingkat kadar gula darah yang rendah juga merupakan hal yang perlu diwaspadai. Kadar gula darah rendah atau hipoglikemia dapat menyebabkan masalah kesehatan serius bagi penderita diabetes. Hipoglikemia dibagi menjadi tiga level tergantung dari tingkat keparahannya.

Pada hipoglikemia level 1, kadar gula darah berada di bawah 70 mg/dL (3,9 mmol/L), namun masih di atas atau sama dengan 54 mg/dL (3,0 mmol/L). Hipoglikemia level 2 terjadi ketika kadar gula darah turun di bawah 54 mg/dL (3,0 mmol/L), dimana kondisi ini dapat mengakibatkan gejala neuroglycopenic akibat penurunan kadar gula di dalam otak. Sementara hipoglikemia level 3, akan menimbulkan perubahan fungsi mental atau fisik yang mengharuskan penderita mendapatkan bantuan dari orang lain untuk proses penyembuhan. Jenis hipoglikemia ini jarang terjadi dan cenderung menyerang penderita diabetes tipe 1 yang menggunakan insulin.

Kondisi hipoglikemia, jika tidak ditangani dengan cepat, dapat berujung pada kejang, kehilangan kesadaran, koma, bahkan kematian. Oleh karena itu, pemantauan terhadap kadar gula darah menjadi sangat penting.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Kolam Renang Terdalam di Indonesia
0 Suka, 0 Komentar, 17 Apr 2024

POLLING

Apakah DPR akan Merubah Aturan Pembagian Bansos?