Tampang

Perundingan Gencatan Senjata Gaza Berakhir Tanpa Kesepakatan

10 Mei 2024 14:56 wib. 73
0 0
Terjadi Lagi, Perundingan Gencatan Senjata Gaza Berakhir Tanpa Kesepakatan
Sumber foto: google

Seorang pejabat senior Israel mengungkapkan pada Kamis (9/5/2024) malam bahwa putaran terakhir perundingan di Kairo terkait dengan gencatan senjata Gaza telah berakhir tanpa kesepakatan. Delegasi dari Hamas, Israel, AS, Mesir, dan Qatar telah bertemu sejak Selasa dalam upaya untuk mencapai kesepakatan mengenai gencatan senjata.

Meski pembicaraan di ibu kota Mesir mengalami kemajuan, tidak ada kesepakatan yang tercapai, menurut dua sumber keamanan Mesir. Izzat El-Risheq, anggota kantor politik Hamas di Qatar, menyatakan bahwa delegasi Hamas telah meninggalkan Kairo setelah perundingan tersebut berakhir tanpa hasil.

Hamas sebenarnya telah menyetujui proposal gencatan senjata yang diajukan oleh mediator. Beberapa syarat dalam proposal tersebut termasuk pembebasan sandera Israel yang ditawan di Gaza dan pembebasan sejumlah warga Palestina yang dipenjarakan oleh Israel. Namun, Hamas menyalahkan Israel atas kurangnya kesepakatan. Kelompok tersebut menyatakan bahwa mereka tidak akan membuat konsesi apa pun selain dari proposal yang telah mereka terima.

Di sisi lain, Israel menyatakan keterbukaan terhadap gencatan senjata namun menolak tuntutan diakhirinya perang. Negara itu tetap melanjutkan operasinya di Rafah dan bagian lain Jalur Gaza Palestina sesuai dengan rencana yang telah disusun. Benjamin Netanyahu, Perdana Menteri Israel, secara tegas menyatakan keinginan untuk terus melawan jika diperlukan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah DPR akan Merubah Aturan Pembagian Bansos?