Tampang

Ngebut Tetap Irit: Tips Nyetir Mobil Matic Agar Lebih Hemat Bahan Bakar

14 Mei 2024 13:40 wib. 68
0 0
Ngebut Tetap Irit: Tips Nyetir Mobil Matic Agar Lebih Hemat Bahan Bakar

Bagi para pemilik mobil matic, salah satu hal yang menjadi perhatian utama adalah konsumsi bahan bakar. Dengan gaya nyetir yang tepat, Anda dapat membuat mobil matic Anda lebih hemat bahan bakar. Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic, berbagi tips berharga untuk mencapai tujuan ini.

Menurut Hermas, kunci utama untuk membuat mobil matic lebih irit bahan bakar adalah dengan menjaga putaran mesin. Sebagai seorang pakar transmisi otomatis mobil di Indonesia, Hermas memberikan saran agar menjaga injakan pedal gas pada putaran mesin mobil matic tidak lebih dari 2.000 rpm. Baik dalam situasi stop and go maupun ketika sedang melaju konstan, memegang putaran mesin mobil di bawah 2.000 rpm dapat membantu dalam efisiensi bahan bakar.

Hermas memberikan penjelasan lebih lanjut terkait transmisi matik, di mana terdapat modul TCU (Transmission Control Unit) yang mendeteksi seberapa besar torsi yang dibutuhkan dengan percepatan laju mobil. Dari torsi yang dihasilkan mesin, rasio gigi diatur secara otomatis untuk menjaga laju mobil dari putaran mesin rendah. Dengan demikian, konsumsi bahan bakar dapat terjaga rendah seiring dengan percepatan laju mobil.

Selain menjaga putaran mesin, Hermas juga menekankan pentingnya untuk mengikuti jadwal servis rutin. Pelumas yang baik dan kondisi komponen transmisi yang terjaga akan membantu mobil beroperasi dengan lebih efisien. Hal ini juga akan meminimalkan gesekan yang terjadi dalam transmisi, yang dapat mengurangi konsumsi bahan bakar saat berkendara.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah DPR akan Merubah Aturan Pembagian Bansos?