Tampang

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Ameroro di Konawe Senilai Rp1,57 Triliun

17 Mei 2024 15:10 wib. 209
0 0
Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Ameroro di Konawe
Sumber foto: google

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Bendungan Ameroro di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, pada hari Selasa (14/5), dengan total biaya pembangunan mencapai Rp1,57 triliun. Jokowi menyatakan bahwa pembangunan bendungan ini bertujuan untuk mengatasi potensi krisis air di masa depan. Menurutnya, sangat disayangkan jika sumber daya air yang melimpah tidak dimanfaatkan dengan baik.

Saat peresmian tersebut, Jokowi menyampaikan, "Mengapa bendungan ini dibangun? Kita tahu beberapa negara saat ini mengalami krisis air, sulit untuk memperoleh pasokan air. Kedepannya, air akan menjadi sumber daya yang sangat penting bagi kehidupan kita."

Bendungan Ameroro telah mulai dibangun sejak tahun 2020 dan memiliki kapasitas tampung sebesar 88 juta meter kubik, serta menempati lahan seluas 398 hektar. Proyek ini merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN), yang diharapkan akan selesai pada akhir tahun 2023 menurut Kementerian PUPR.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengungkapkan harapannya bahwa bendungan ini akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat di Konawe, termasuk diantaranya mengurangi potensi bencana banjir. "Ini adalah bendungan yang sangat besar dan mampu mengurangi potensi banjir yang sebelumnya kerap terjadi di wilayah sekitar Konawe," ungkapnya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah DPR akan Merubah Aturan Pembagian Bansos?